Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Cara agar baterai HP tetap awet: tips dan trik terbaik 2023

Cara agar baterai Smartphone tetap awet
Cara agar baterai Hp tidak boros

Baterai HP atau Smartphone yang cepat habis alias boros adalah salah satu masalah umum yang sering dialami oleh pengguna smartphone. Hal ini disebabkan oleh beberapa faktor yang mempengaruhi baterai smartphone cepat habis antara lain penggunaan smartphone yang kurang bijak, usia smartphone yang sudah lama, sampai pengaruh dari sistem operasinya.

Namun dengan menerapkan tips menjaga baterai smartphone agar tetap awet yang sederhana, anda dapat memperpanjang usia baterai HP dan terhindar dari beberapa kekhawatiran baterai lemah saat penggunaan. 

Baca juga: tips memilih bisnis untuk pemula

Tips agar baterai HP tetap awet dan tidak boros, bisa anda coba!

Dalam Artikel ini akan membahas cara agar baterai HP tidak boros dengan menggunakan strategi yang cukup ampuh untuk dipraktikan. Mulai dari pengoptimalan pengaturan sampai dengan menghindari kebiasaan yang merugikan, temukan cara terbaik merawat baterai HP agar bertahan lama.

1. Atur layar dan kecerahan HP

Cara agar baterai HP awet yang pertama yaitu dengan mengatur tingkat kecerahan layar. Banyak dari pengguna HP yang tidak menyadari bahwa tingkat kecerahan layar dapat mempengaruhi daya tahan baterai secara signifikan. Agar dapat menghemat baterai kurangi kecerahan layar anda, gunakan wallpaper gelap, dan juga atur time sleep yang tidak terlalu lama sepeti 3 menit.

2. Mengelola Aplikasi yang sedang berjalan di latar belakang

Cara kedua yaitu tutup aplikasi yang berjalan di latar belakang. Aplikasi yang berjalan di latar belakang terlalu lama akan membuat baterai HP akan terkuras lebih cepat. Penting agar anda mengelola aplikasi yang berjalan di latar belakang dengan cara tutup aplikasi yang tidak digunakan, itu akan membantu agar baterai tidak cepat terkuras.

3. Hindari Penggunaan Hp saat Mengisi daya

Hp yang digunakan saat proses pengisian daya akan merusak daya tahan baterai secara signifikan. Karena penggunaan Hp saat proses pengisian daya akan meningkatkan suhu/temperatur baterai Hp, temperatur yang tinggi pada baterai pada Hp akan mempengaruhi daya tahan baterai. 

Oleh sebab itu tidak menggunakan Hp saat proses pengisian daya merupakan salah satu cara efektif agar baterai Hp tetap awet. Untuk menghindari hal tersebut anda perlu menahan diri untuk tidak memainkan Hp saat proses pengisian daya.

4. Hindari over charging atau pengisian daya berlebih.

Over charging atau mengisi daya baterai HP berlebih dari yang diperlukan dapat merusak daya tahan baterai secara signifikan dan mengurangi usia penggunaan baterai Hp. beberapa cara untuk menghindari over charging atau pengisian berlebihan seperti jangan biarkan baterai terisi penuh terlalu lama, hindari pengisian daya semalaman, dan disarankan untuk mengisi daya maksimal 80% - 90% agar menjaga baterai tidak over charging.

5. Hindari paparan suhu ekstrim

Paparan suhu yang terlalu tinggi atau rendah terhadap Hp akan merusak daya tahan baterai bahkan suhu tinggi ataupun suhu rendah juga bisa merusak sistem Hp. Oleh karena itu, penting untuk menjaga Hp tetap pada kisaran suhu ruang atau suhu normal yaitu kisaran . Cara untuk mengindari suru ekstrim tersebut adalah dengan mengindari paparan sinar matahari langsung, juga hindari suhu terlalu dingin.

6. Merawat baterai Hp dengan baik

Perawatan baterai HP yang baik dapat memperpanjang umur dari baterai tersebut. Cara merawat baterai yaitu dengan  menggunakan charging asli alias original, dan juga menjaga agar baterai agar tetap kering dan bersih.

Penutup

Nah, itulah tadi cara agar baterai Hp tetap awet yang bisa anda praktekan untuk mencegah baterai Hp anda boros. Dengan menerapkan tips dan trik yang telah dibahas di atas tadi, Anda dapat menjaga baterai HP Anda tetap awet dan menghindari kekhawatiran baterai yang cepat habis. Namun perlu diingat untuk mengoptimalkan pengaturan, mengelola aplikasi dengan bijak, menggunakan mode hemat daya, menghindari over charging, menjaga suhu baterai, mengoptimalkan jaringan, dan merawat baterai dengan baik. Semoga artikel kami bermanfaat. Terimakasih

Post a Comment for "Cara agar baterai HP tetap awet: tips dan trik terbaik 2023"